Rabu, 24 Juli 2024

Ada Tempat di Bumi Yang Selama 2 Juta Tahun Ini Tak Pernah Hujan.🤔

McMurdo Dry Valleys: Lembah kering di Antartika
McMurdo Dry Valleys adalah rangkaian lembah yang sebagian besar bebas salju di Antartika, terletak di Victoria Land sebelah barat McMurdo Sound. Lembah ini mengalami kelembaban yang sangat rendah, dan gunung-gunung di sekitarnya mencegah aliran es dari gletser terdekat.

Beberapa hal yang menarik tentang McMurdo Dry Valleys

1. Iklim Ekstrem: 
Lembah ini dikenal sebagai salah satu gurun paling ekstrem di dunia. Kelembaban yang sangat rendah dan kurangnya salju atau es membuatnya menjadi salah satu tempat terkering di Bumi. Meskipun beberapa akun anekdotal menyebutkan adanya hujan dalam Dry Valleys, sebenarnya kemungkinan hujan di sana sangat rendah.

2. Kondisi Unik: 
Kondisi unik di Dry Valleys disebabkan oleh angin katabatik. Angin ini terjadi ketika udara dingin dan padat ditarik ke bawah oleh gaya gravitasi. Kecepatan angin bisa mencapai 320 km/jam, menguapkan semua air, es, dan salju. Akibatnya, lembah ini sangat kering.

3. Geologi: 
Batuan di sini terutama berupa granit dan gneis. Tanah lembah ditutupi oleh kerikil longgar. Meskipun tidak ada organisme hidup yang ditemukan di permafrost, bakteri fotosintetik endolitik hidup di dalam batuan yang relatif lembap. Di bawah Taylor Glacier, ada bakteri anaerobik yang metabolismenya bergantung pada besi dan belerang.

4. Mirip Lingkungan Planet Mars: 
Para ilmuwan menganggap McMurdo Dry Valleys sebagai lingkungan terestrial yang paling mirip dengan Mars. Kondisi kering dan bebas es di sini menyerupai kondisi permukaan Mars.

So,... Adalah kalian yang hendak berkunjung kesini gaes??🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar