Senin, 01 Juli 2024

Adakah Cara Mendapatkan Citra Satelit Cuaca Tanpa Sambungan Internet??

Pertanyaan tersebut pernah dilontarkan kepada saya ketika kami akan memberangkatkan tim menuju ke Palu pasca terjadi gempa dan liquifaksi. 
Saya jelaskan ada cara sebenarnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan data citra cuaca tanpa sambungan Internet. Yakni dengan memanfaatkan perangkat komunikasi Radio HT untuk menangkap sinyal yang ditransmisikan oleh beberapa satelit cuaca, yakni NOAA-15 (US), NOAA-18 (US), NOAA-19 dan Meteor N2-4 (RUSIA). 
Keempat satelit yang kami sebutkan tadi memancarkan sinyal radio di Frekuensi yang dapat diterima oleh sebuah Radio Komunikasi HT, adapaun frekuensinya di 137.620Mhz, 137.9125Mhz dan 137.100Mhz.

Masing-masing satelit tersebut melintas di atas sebuah tempat dalam sehari sebanyak dua kali. Dan satelit-satelit tersebut memancarkan sinyal APT satelit (Automatic Picture Transmission)

Nah caranya ketika jadwal satelit yang melintas telah kita dapatkan maka siapkan sebuah Radio HT dan Antena untuk menangkap sinyal satelit. Beacon dipancarkan oleh satelit berupa bunyi denting, dari bunyi tersebut yang ditangkap oleh Radio HT kita rekam dengan ponsel. Bunyi denting tersebut kemudian kita olah dengan Software Decoder menjadi sebuah gambar citra satelit.


(Citra Satelit yang di decode oleh YD9CKH)

Nah sekarang kalian faham kan salah satu cara mendapatkan citra satelit bila tidak terdapat sambungan internet, kadang di lokasi bencana jaringan komunikasi maupun internet terganggu, namun tim lapangan masih bisa mendapatkan citra satelit untuk dukungan operasi di lapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar