Rabu, 17 Juli 2024

Puncak Carstensz Pyramid




Puncak Jaya juga dikenal sebagai  Carstensz Pyramid adalah puncak gunung di benua Oseania. Berikut adalah penjelasan mengenai pembentukan geologis Puncak Jaya:

Pembentukan Awal
Puncak Jaya terbentuk selama Orogeni Melanesia pada Miosen Akhir. Benturan oblik antara lempeng Australia dan Pasifik menyebabkan pembentukan gunung ini. Material utamanya adalah batu kapur Miosen Tengah.

Lokasi dan Ketinggian
Puncak Jaya terletak di Pegunungan Sudirman, Provinsi Papua, Indonesia. Dengan ketinggian 4.884 meter (16.024 kaki), gunung ini merupakan yang tertinggi di wilayah barat daya Pasifik dan juga puncak pulau tertinggi di dunia.

Gletser Tropis
Puncak Jaya memiliki gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropis di Indonesia. Sayangnya, gletser ini mengalami penipisan akibat perubahan iklim.

Tantangan Pendakian
Puncak Jaya termasuk dalam tantangan Seven Summits di dunia pendakian gunung. Meskipun memiliki elevasi terendah, pendakian ke Puncak Jaya dianggap salah satu yang paling teknis dan memiliki tingkat kesulitan tinggi.

Kontroversi Oseania
Beberapa pendaki menganggap Puncak Jaya sebagai puncak tertinggi Oseania, sementara yang lain memasukkan Gunung Kosciuszko di Australia sebagai bagian dari Oseania.🙏🙏🙏


Tidak ada komentar:

Posting Komentar